Pages

Senin, 12 Desember 2011

Salut untuk Sondang Hatagalung



Minggu lalu kita sempat di hebohkan dengan perbuatan Sondang Hatagalung yang kian seru dibahas di media cetak dan elektronik. Sondang Hutagalung adalah mahasiswa dari Universitas Bung Karno Jakarta. Ia tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2007. Tindakan dia membakar diri di depan Istana Merdeka mengandung arti ada masalah serius yang dihadapi bangsa ini, seperti pelanggaran Hak Asasi Manusia, pembuhun Munir, kekeransan di Papua dan lain sebagainya.

Menurut Koran Kompas yang pernah saya baca, Sondang Hutagalung mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Sabtu (10/12) sekitar 17.45 WIB. Sondang bertahan selamat empat hari dengan luka bakar 98 persen setelah membakar diri di depan Istana Merdeka Rabu sore lalu.

Menelaah sedikit mengenai apa yang diperbuat oleh Sondang, Sondang rela membakar dirinya demi pembangunan bangsa yang lebih baik dan sebagai koreksi kebijakan pemrintahan saat ini. Apa Serbenarnya inti dari permasalahan di tanah air kita ini? Sebegitu parahnya kah sehingga rekan mahasiswa dari Universitas Bung Karno ini sampai rela untuk membakar dirinya?

Wahai kalian para pemimpin bangsa ini, Sesungguhnya inti permalsahan ini hanya engkau dan Tuhanmu lah yang mengetahuinya. Hal yang diperbuat Sondang adalah wujud kekecewaannya dengan apa yang terjadi pada saat ini. Sondang hanyalah rakyat biasa yang sudah rela membakar dirinya agar dapat membuka pintu hati kalian wahai para pemimpin-pemimpin bangsa ini! Terketuk kah hati kalian?

Selamat jalan Sondang Hatagulung. Semoga arwahmu diterima di sisi Tuhan yang masa esa. Dan jasamu ini akan dikenang sepanjang masa. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar